NO
|
Pendapat
|
Ilmu
agama islam
|
Pendidik
|
Murid
/peserta didik
|
Pendidikan
islam
|
Hadiah
dan hukuman
|
1
|
Ibnu
Khaldun
|
Pandangan
ilmu Khaldun tentang pendidikan islam berpijat pada konsep dan pendekatan
filosofis-empiris,melalui pendekatan ini,memberikan visi terhadap tujuan
pendidikan secara ideal dan praktis.
|
Pendidik
hendaklah mengajarkan kepada murid pengetahuan yang bersifat umum dan
sederhana khusus yang berkenaan dengan pokok bahasan yang dipelajari.
|
Peserta
didik merupakan orang yang belum dewasa dsn memiliki kopetensi,peserta didik
ibarat wadah yang siap untuk diberikan pengetahuan baru.
|
Proses
memberikan peluang kepada peserta didik untuk mampu berfikir berbuat dengan
benar,agar dapat hidup berkualitas sesuai dengan ajaran islam.
|
Memberikan
hukuman kepada peserta didik dengan lemah lembut,menjaga tabiat anak yang
salah.
Hadiah
adalah penghargaan.
|
2
|
Imam
Algazali
|
Berkenaan
dengan ilmu pengetahuan dengan berbagai aspeknya,antara lain dengan tujuan
pendidikan,kurikulum,metode,pendidik dan murid
|
Guru
dalam pengertian akademik ialah seorang yang menyampaikan sesuatu kepada
orang lain,seorang yang menyertai suatu institusi untuk menyampaikan ilmu
pengetahuan kepada pelajar.
|
Murid
harus berjiwa bersih terhindar dari sifat-sifat hina dan sifat-sifat tercela
lainnya.sabda nabi’’agama itu didirikan diatas kebersihan’’.
|
Proses
memanusiakan manusia sejak masa kejadiannya sampai akhir hayatnnya,melalui
ilmu pengetahuan yang disampaikan dalam bentuk pengajaran islam.
|
Gajaran/hadiah
adalah salah satu imbalan kepada peserta didik karena telah melakukan
tugasnya dengan baik,yang dapat berupa lisan mis ucapan yang baik pintar.
Hukuman merupakan suatu tidakan yang dilakukan apabila teguran,nasihat-nasihat belum bisa menjegah anak melakukan pelanggaran. |
3
|
Fazlur
Rahman
|
Ilmu
agama islam dapat memberikan satu pendekatan pendidikan yang berdasarkan
ilmu-ilmu keislaman.
|
Untuk mengembangkan manusia
sedemikian rupa sehingga pengetahuan yang di perolehnya akan menjadi pribadi
yang kritis dan kreatif.
|
Pengetahuan
peserta didik yang telah diciptakan menyebabkan pola pikir mereka semakin
berkembang.
|
Proses
untuk menghasilkan manusia ilmuan intergratif,yang padanya terkumpul
sifat-sifat seperti kritis kreatif dinamis dan lain-lain.
|
Hadiah
adalah penghormatan kepada siswa untuk memberikan motivasi yang beroreantasi
pada kehidupan akhirat,yang bersumber kepada Al-quran
|
4
|
Mohamad
ikbal
|
Kaum
muslim terpukau oleh pemahaman keagamaan yang sempit seakan-akan alam semesta
dan sejarah dan bukan merupakan perbuatan agama.
|
Membangkitkan
kesadaran yang sungguh pada anak didiknya,berkenaan dengan keanekaragaman
relasi dengan lingkungan dan dengan jalan demikian,merangsang pembentuk
sarana baru secara kreatif.
|
Peserta
didik hendaknya tidak pula menciptakan suatu antesis yang langsung antara
sistem nilai yang di wakili agama.
|
Suatu
keseluruhan daya budaya yang mempengaruhi kehidupan perseorangan maupun kelompok masyarakat.
|
Hukuman
di dasarkan pada kebisaan peserta didik sesuai keadaan tempat peserta didik.
|
Selasa, 30 September 2014
komperasi 4 para ahli
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar