Selasa, 30 September 2014

komperasi 4 para ahli


NO
Pendapat
Ilmu agama islam
Pendidik
Murid /peserta didik
Pendidikan islam
Hadiah dan hukuman
1
Ibnu Khaldun
Pandangan ilmu Khaldun tentang pendidikan islam berpijat pada konsep dan pendekatan filosofis-empiris,melalui pendekatan ini,memberikan visi terhadap tujuan pendidikan secara ideal dan praktis.
Pendidik hendaklah mengajarkan kepada murid pengetahuan yang bersifat umum dan sederhana khusus yang berkenaan dengan pokok bahasan yang dipelajari.
Peserta didik merupakan orang yang belum dewasa dsn memiliki kopetensi,peserta didik ibarat wadah yang siap untuk diberikan pengetahuan baru.
Proses memberikan peluang kepada peserta didik untuk mampu berfikir berbuat dengan benar,agar dapat hidup berkualitas sesuai dengan ajaran islam.
Memberikan hukuman kepada peserta didik dengan lemah lembut,menjaga tabiat anak yang salah.
Hadiah adalah penghargaan.

2
Imam Algazali
Berkenaan dengan ilmu pengetahuan dengan berbagai aspeknya,antara lain dengan tujuan pendidikan,kurikulum,metode,pendidik dan murid

Guru dalam pengertian akademik ialah seorang yang menyampaikan sesuatu kepada orang lain,seorang yang menyertai suatu institusi untuk menyampaikan ilmu pengetahuan kepada pelajar.
Murid harus berjiwa bersih terhindar dari sifat-sifat hina dan sifat-sifat tercela lainnya.sabda nabi’’agama itu didirikan diatas kebersihan’’.
Proses memanusiakan manusia sejak masa kejadiannya sampai akhir hayatnnya,melalui ilmu pengetahuan yang disampaikan dalam bentuk pengajaran islam.
Gajaran/hadiah adalah salah satu imbalan kepada peserta didik karena telah melakukan tugasnya dengan baik,yang dapat berupa lisan mis ucapan yang baik pintar.
Hukuman merupakan suatu tidakan yang dilakukan apabila teguran,nasihat-nasihat belum bisa menjegah anak melakukan pelanggaran.

3
Fazlur Rahman
Ilmu agama islam dapat memberikan satu pendekatan pendidikan yang berdasarkan ilmu-ilmu keislaman.
Untuk               mengembangkan manusia sedemikian rupa sehingga pengetahuan yang di perolehnya akan menjadi pribadi yang kritis dan kreatif.
Pengetahuan peserta didik yang telah diciptakan menyebabkan pola pikir mereka semakin berkembang.
Proses untuk menghasilkan manusia ilmuan intergratif,yang padanya terkumpul sifat-sifat seperti kritis kreatif dinamis dan lain-lain.
Hadiah adalah penghormatan kepada siswa untuk memberikan motivasi yang beroreantasi pada kehidupan akhirat,yang bersumber kepada Al-quran
4
Mohamad ikbal
Kaum muslim terpukau oleh pemahaman keagamaan yang sempit seakan-akan alam semesta dan sejarah dan bukan merupakan perbuatan agama.
Membangkitkan kesadaran yang sungguh pada anak didiknya,berkenaan dengan keanekaragaman relasi dengan lingkungan dan dengan jalan demikian,merangsang pembentuk sarana baru secara kreatif.
Peserta didik hendaknya tidak pula menciptakan suatu antesis yang langsung antara sistem nilai yang di wakili agama.
Suatu keseluruhan daya budaya yang mempengaruhi kehidupan perseorangan  maupun kelompok masyarakat.
Hukuman di dasarkan pada kebisaan peserta didik sesuai keadaan tempat peserta didik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar